Inilah ujung pencarian dunia.
Allah berfirman:
الهاكم التكاثر. حتى زرتم المقابر
“Telah melalaikan kalian berlomba-lomba memperbanyak (harta). Sampai kalian masuk dalam kubur”(At-Takatsur:1-2).

Inilah gambarannya.
Ada anak laki-laki berkata kepada ayahnya “Aku ingin menikah dengan Gadis yang pernah kulihat, dia memiliki mata yang indah dan mempesona.
Lalu ayahnya menanggapi dengan sukacita dan senang dan berkata: Dimana gadis ini Oh.. anakku ?
Ketika Sang Ayah pergi dan melihat gadis ini, maka ia terkesima dan terpesona dan berkata kepada anaknya: Saya menganggap anak Gadis ini tidak setingkat dengan Anda wahai anakku. Dan kamu tidak pantas untuk gadis ini karena kamu belum punya pengalaman dalam hidup, dia itu sepadan dengaku. Terkejut anak itu dari kata-kata ayahnya, dan berkata kepadanya: Tidak, tapi aku terpesona dengannya ayah, maka terjadilah percekcokan diantara keduanya. Lalu keduanyapun melapor ke Polisi. Keduanya menceritakan ihwal penyebab percekcokan itu. Setelah mendengarkan kisah mereka, lalu Polisi itu mengatakan kepada mereka: Bawalah gadis itu kesini, biar dia memilih antara anak atau ayah. Dan ketika Polisi itu melihat gadis itu, diapun terpesona dengan sang gadis, ia berkata kepada mereka: Gadis ini tidak pantas untuk Anda semua, tetapi dia hanya pantas untuk orang berpangkat di negeri ini seperti saya. Lalu merekapun bertengkar memperebutkan gadis itu. Lalu ketiganya pergi ke menteri. Mereka melaporkan ihwal pertengkarannya. Ketika Sang Menteri melihat melihat gadis itu, diapun terpesona dengan sang gadis, ia berkata kepada mereka: Gadis ini tidak pantas untuk Anda semua, tetapi dia hanya pantas untuk orang terkemuka di negeri ini seperti saya.
Lalu merekapun bertengkar memperebutkan gadis itu. Lalu ketiganya pergi ke Amir. Mereka melaporkan ihwal pertengkarannya. Ketika Sang Amir melihat melihat gadis itu, diapun terpesona dengan sang gadis, ia berkata kepada mereka: Gadis ini tidak pantas untuk Anda semua, tetapi dia hanya pantas untuk seorang penguasa di negeri ini seperti saya.
Ketika terjadi pertengkaran diantara mereka, lalu sang gadis berkata: Aku akan memecahkan masalah Anda semua. Aku mengusulkan diadakan lomba lari, kalian semua dibelakangku, dan siapapun yang pertama menyentuhku dialah pemenangnya. Mereka semua setuju. Mereka berlima berlomba dengan penuh semangat untuk mendapatkan sang gadis idola. Mereka berlari dibelakang gadis itu untuk segera mendapatkannya. Ditengah sengitnya perlombaan, lalu tiba2 merekapun terjatuh semua kedalam lobang yg dalam yang tidak bisa lagi keluar darinya.

Tahukan kalian siapa sebenarnya aku?
Aku adalah dunia yang menjadi buta karena aku kebanyakan manusia. (Diterjemakan scr bebas dari ahlal.net)

Berkata Syaikh Abduk Qodir,”Tidak ada yg bisa mengenyangkan mulut manusia sebelum disumpal dg tanah”(Al-Ghuniyah)

Semoga kita terjaga dari fitnahnya dunia.
Abu Yusuf Masruhin Sahal