Yakinlah, bahwa Alloh akan membalas sedekah dengan yang lebih baik.
Alloh berfirman,

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ ۚوَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖوَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ
“Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.”(Saba’ : 39)

Firman-Nya,
“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memincingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.”(Al-Baqoroh : 267)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيْهِ إِلاَّ مَلَكَانِ يَنْزِلاَنِ فَيَقُوْلُ أَحَدُهُمَا: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا. وَيَقُوْلُ اْلآخَرُ: اَللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا.

‘Tidak satu hari pun di mana pada pagi harinya seorang hamba ada padanya melainkan dua Malaikat turun kepadanya, salah satu di antara keduanya berkata: ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak.’ Dan yang lainnya berkata: ‘Ya Allah, hancurkanlah (harta) orang yang kikir.’” [HR Bukhory dan Muslim]

Diantara keajaiban Shodaqoh.

⏺Disebutkan bahwa seorang pemuda yang bersama rombongannya, tiba-tiba diserang seekor singa yang kelaparan. Disaat itu, tiba-tiba datanglah seorang yang besar dan perkasa menahan singa tersebut lalu menyuapi singa dengan makanan sehingga dia kenyang dan tidak jadi menerkam si pemuda, ketika pulang si pemuda mencerikan kisahnya kepada ibunya, dan ibunya menceritakan bahwa disaat yang sama  si ibunya shodaqoh kepada seorang pengemis hanya sesuap makanan. (Kisah ini tersebut dalam kitab: Al-Faraj ba’da As-Syiddah oleh At-Tanuji).

⏺Nabi صلى الله عليه وسلم bersabda: “Sesungguhnya sedekah akan memadamkan panas kubur bagi pelakunya. Sungguh pada hari kiamat, seorang mukmin akan berlindung di bawah naungan sedekahnya.” (Silsilah As-Shahihah, 3484).

⏺Sebab kesembuhan.
Dari Al-Hasan bin Ali, Nabi bersabda,”Obati orang sakit di antara kalian dengan sedekah.” (Shahih At-Targhib, 744).

Ibnu Syaqiq menceritakan, bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Ibnul Mubarak: ‘Saya memiliki luka di lutut selama tujuh tahun, sudah coba diobati dengan berbagai macam cara, sudah konsultasi dokter dan tidak ada perubahan.’ Ibnul Mubarak menyarankan, ‘Buatlah sumur di daerah yang membutuhkan air. Saya berharap akan menghasilkan sumber air dan menyumbat darah yang keluar.’ Diapun melakukannya dan sembuh. (Shahih At-Targhib)

Bahayanya Kikir…!
Alloh berfirman,
“Dan jangan sekali-kali orang-orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karunia-Nya, mengira kikir itu baik bagi mereka, padahal kikir itu buruk bagi mereka. Harta yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan di lehernya pada hari kiamat. Milik Allah-lah warisan apa yang ada di langit dan dibumi. Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.”(Ali Imran: 180)

Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda :

اتَّقُوا الظُّلْمَ ، فَإِنَّ الظُّلْمَ ظُلُمَاتٌ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، وَاتَّقُوا الشُّحَّ ، فَإِنَّ الشُّحَّ أَهْلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ ، حَمَلَهُمْ عَلَى أَنْ سَفَكُوا دِمَاءَهُمْ ، وَاسْتَحَلُّوا مَحَارِمَهُمْ.
“Jauhilah dari perbuatan dzalim, karena kedzaliman itu akan menjadi kegelapan dihari kiamat.
Jauhilah dari sifat kikir karena sesungguhnya ia telah menghancurkan umat-umat sebelum kalian.
Hal itu mengantarkan mereka untuk saling menumpahkan darah mereka, dan merusak kehormatan mereka sendiri” (HR. Muslim, 8/18 (6668))

Cukuplah ini menjadi peringatan bagi kita …
Dan cukup pula hal ini memberi motivasi kita untuk berbuat lebih baik lagi dengan harta kita…