Rasulullah صلى الله عليه وسلم bersabda:

لَزَوَالُ الدُّنْيَا أَهْوَنُ عِنْدَ اللهِ مِنْ قَتْلِ رَجُلٍ مُسْلِمٍ.

“Hancurnya dunia lebih ringan di sisi Allah dibandingkan terbunuhnya seorang muslim.”[HR An-Nasâ`i, 82, At-Tirmidzi, 1395 dishahîhkan oleh Syaikh al-Albâni]

Kemulian jiwa manusia sudah Allah tetapkan penjagaan dan kemuliaannya sejak dulu, bahkan di kalangan Bani Isroil hukum ini sudah berlaku kepada mereka sejak sebelum diutusnya Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم.

Alloh berfirman,

مِنْ أَجْلِ ذَلِكَ كَتَبْنَا عَلَى بَنِي إِسْرَائِيلَ أَنَّهُ مَنْ قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ أَوْ فَسَادٍ فِي الأرْضِ فَكَأَنَّمَا قَتَلَ النَّاسَ جَمِيعًا وَمَنْ أَحْيَاهَا فَكَأَنَّمَا أَحْيَا النَّاسَ جَمِيعًا

“Oleh karena itu Kami tetapkan (suatu hukum) bagi Bani Israel, bahwa: barang siapa yang membunuh seorang manusia, bukan karena orang itu (membunuh) orang lain, atau bukan karena membuat kerusakan di muka bumi, maka seakan-akan dia telah membunuh manusia seluruhnya. Dan barang siapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.”(Al-Maidah : 32)

Di hari Arafah saat Haji wada’ Rasulullah صلى الله عليه وسلم menyampaikan ketinggian darah seorang muslim dengan sabdanya,.

إِنَّ دِمَاءَكُمْ وَأَمْوَالَكُمْ حَرَامٌ عَلَيْكُمْ، كَحُرْمَةِ يَوْمِكُمْ هَذَا فِي شَهْرِكُمْ هَذَا، فِي بَلَدِكُمْ هَذَا… » الحديث . رواه مسلم .

“Sesungguhnya darah dan harta kalian, haram bagi sesama kalian. Sebagaimana haramnya hari ini, haramnya bulan ini di negeri kalian ini…‘“ (HR. Muslim).

Semoga Allah merendahkan dan menghancurkan orang-orang kafir yang telah menumpahkan darah kaum muslimin dengan semena-mena…

🍃Abu Yusuf Masruhin Sahal, Lc