Allah telah menjadikan sunnah kauniyah, setiap penyakit pasti ada obatnya. Rasulullah صلى الله عليه وسلم  ketika ditanya oleh seorang Arab Baduy tentang berobat beliau menjawab,

يا عبادِ اللهِ تداوُوا ، فإن اللهَ لم يضعْ داءً إلا وضعَ له شِفاء أو دواء إلا داءً واحدا ، فقالوا  : يا رسولَ اللهِ وما هُوَ ؟ قال : الهرمُ

“Wahai hamba Allah berobatlah, karena sesungguhnya Allahtidaklah menurunkan penyakit melainkan menurunkan pula penwarnya-obatnya- kecuali satu penyakit. Mereka bertanya,Ya Rasulullah apa itu? Beliau menjawab,yaitu tua (HR Tirmidzy disohihkan Al-Albany) Habbatus Sauda (jinten hitam, Nigella sativa) termasuk bahan pengobatan yang sangat dianjurkan oleh Nabi صلى الله عليه وسلم  

Dari Aisyah, beliau mendengar Rasulullah صلى الله عليه وسلم  bersabda: Sesungguhnya Al-Habbatus Sauda bisa menyembuhkan segala penyakit kecuali Al-Sam. Aku bertanya. Apakah Al-Sam itu? Beliau menjawab, Al-Sam itu ialah maut (HR Imam Bukhari.)

Pengenalan Habbatus sauda Nigella Sativa, pohon yang darinya dihasilkan minyak Habbatus Sauda adalah sejenis tumbuhan yang berbunga secara tahunan. Asalnya tumbuh meliar di negara-negara sekitar Mediterranean dan negara-negara tenggara Asia. Kemudian ia ditanam secara meluas di Afrika utara terutama Mesir, di selatan Eropah di Syria dan sedikit di Asia Tengah seperti Iran dan India. Tumbuh dengan ketinggian sekitar 20 hingga 50 sentimeter dan berdaun halus dengan kedudukan daun bertentangan. Batangnya berwarna hijau, bulat, berbulu dengan ukuran garis lintang sekitar 2 hingga 5 milimeter, sementara jarak diantara dahan adalah sekitar 2 hingga 5 sentimeter. Di antara bahan kandungan Habbatus Sauda adalah Fixed Oil (saturated and unsaturated), Minyak Asas (sterol, thymohydroquinone, carvone, limonine, cymene), Alkaloids, Saponin serta Asid Amino.

tanaman-jinten-hitam

Ibnu Qayyim berkata didalam At- Tibb An-Nabawi, “Habbatus Sauda dikenal juga sebagai Al Habbah Al Barokah. Bisa menyembuhkan 50 jenis penyakit tanpa efek. “

Pengakuan dari pakar seluruh dunia ” Habbatus Sauda’ memiliki peranan yang penting pada pencegahan tumor & kanser.

Pada penggunaannya dalam waktu yang lama minyak Habbatus sauda’ memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu dapat mempercepat pembelahan sel “.

Dr. Stanley Kopok, University of Arizona, USA ” Habbatus sauda’ kaya akan beta-sitosterol, yang diketahui memiliki kemampuan mencegah kanser”.

Dr. Michael Tierra L. AC. O.M.D. ” Dengan mengkonsumsi Nigella Sativa dapat melawan kelelahan “.

Dr. Mohammed Saleh, Kairo-Mesir HASIL RISET MANFAAT & KEGUNAAN JINTEN HITAM HABBATUSSAUDA (Nigella sativa)

1. Penelitian Dr. Ahmad Al Qadhy, 1986 Pada tahun 1986, Dr. Ahmad Al Qadhy dan rekan-rekannya melakukan penelitian di Amerika tentang pengaruh Jinten Hitam terhadap sistem kekebalan tubuh (imuniti) manusia. Penelitian yang dilakukan dalam dua tahap itu menghasilkan kesimpulan pertama: Kelebihan prosentase The Helper T-Cell atas suppressor cells ts mencapai 55% dan ada sedikit kelebihan atas killer cell orcytoxic sebanyak 30%.

Penelitian tahap kedua dengan melibatkan 18 sukarelawan yang badan mereka terlihat sehat dan segar. Mereka dibagi dalam dua kelompok, satu kelompok diberi satu gram habatussauda setiap harinya, dan kelompok lain diberi karbon. Selama empat pekan mereka mengkonsumsi habatus dan karbon yang sudah dikemas dalam butir-butir kapsul. Hasilnya, Jinten Hitam menguatkan tugas-tugas imuniti dengan tambahan prosentase The Helper T-lymphocytes cell atas suppressor cell-ts.

 Jadi, sistem kerja habatatussauda dalam tubuh manusia adalah dengan memperbaiki, menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia terhadap berbagai penyakit.

2. Beberapa Kajian ilmiah lain tentang jinten hitam

Di awal 90-an ilmuwan Amerika Serikat melakukan penelitian yang menghasilkan penemuan bahwa minyak Jinten Hitam ternyata tidak hanya berfungsi menyembuhkan namun juga mengandung lebih dari 100 unsur yang mendukung sistem kekebalan tubuh manusia, termasuk di dalamnya unsur yang mampu menyembuhkan penyakit kanker (anti tumor, anti cancer). Penemuan yang luar biasa ini menyebabkan Euforia Jinten Hitam di Amerika Serikat. Berikut ini beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para ilmuan yang berasal dari Jerman dan Amerika Serikat.

Prof Dr Hildebert Wagner Institut fur pharmazeutisce biologie, Muenchen Jerman Jinten Hitam terbukti menyembuhkan 70% pasien alergi, termasuk didalamnya alergi serbuk dan debu juga jerawat dan neurodermitis (penyakit kulit), asthma dan lemahnya daya kekebalan tubuh. Mengkonsumsi jinten hitam secara teratur dapat menahan penyakit flu.

Dr Peter Schleicher Immunologe, Munscen Jerman Minyak tanaman Jinten Hitam berkhasiat tidak hanya pada asthma, tetapi juga pada Neurodermitis Sumber : http://www.prianusa.com/hasil_riset.html

Khasiat Jinten Hitam

Jinten hitam adalah rempah-rempah yang dapat pula digunakan sebagai tanaman obat [1]. Rempah ini berbentuk biji hitam yang telah dikenal ribuan tahun yang lalu dan digunakan secara luas oleh masyarakat India, Pakistan, dan Timur Tengah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Nigella sativa mengandung nutrisi, minyak essensial dan asam lemak. (Susilo, 2006). Nigella sativa juga terdiri dari minyak atsiri, minyak lemak, d-limonena, simena, glukosida, saponin, zat pahit, jigelin, nigelon, dan timokonon. (Republika, 2004) Monosakarida dalam bentuk glukosa rhamnose, xylose, arabinose non-starch polisakarida, arginin, asam linoleic (omega-6), asam linolenic (omega-3) (Wijayakusuma, 2002).

Sumber : http://simonbwidjanarko.wordpress.com/2008/07/08/khasiat-jinten-hitam-nigella-sativa-black-cumin/

Open chat