Batu ginjal atau dalam istilah medis disebut Nefroli tiasis cukup besar, khususnya di Indonesia. Mengapa bisa terbentuk batu dalam ginjal.

Jenis-jenis batu di ginjal ada bermacam-macam:

1. Batu kalsium
2. Batu asam urat
3. Batu saruvite
4. Batu sistin

Dengan adanya batu di ginjal maka akan menimbulkan keluhan-keluhan pokok seperti yang disebutkan berikut ini:

1. nyeri pinggang mulai perlahan-perlahan, sakit ke lateral (samping) perut, lipat paha, dan buah pelir laki-laki atau labia (bibir kemaluan wanita).
2. Kolik / nyeri hebat sampai ke paha.
3. Hematuri / kencing darah
4. mual-mual dan muntah.
5. keringat
6. kencing terasa sakit
7. demam tanpa infeksi

tanda-tanda penting yang perlu diperhatikan adalah:
pada taraf awal kadang-kadang ditemukan keluhan-keluhan seperti yang disebutkan diatas, akan tetapi ditemukan nyeri ketok dipinggang.

Jika lebih ingin membuktikan adanya batu ginjal maka bisa dilakukan pemeriksaan laboraturium yaitu melakukan periksa urine, dimana nanti akan ditemukan adanya hematuri (darah dalam urine), leukosori (adanya lekosit berlebih dalam urine), dan kristal-kristal yang membentuk batu.
Pemeriksaan yang lebih khusus untuk membuktikan adanya batu: IVP (Intra Venous Pialografi) dan USG (Ultrasonografi)
Komplikasi yang bisa ditimbulkan jika batu tidak segera diatasi adalah:
1. Ekstruksi (pembuntuan saluran kencing)
2. Infeksi saluran kencing

Penatalaksanaan untuk penderita ginjal:
A. Terapi umum:
1). Istirahat
-harus banyak minum / cairan
2). Diet
-Rendah proteksi
-rendah garam
-disesuaikan dengan jenis batu
Batu kalsium yang perlu dibatasi:
-ikan teri
-bayam
-coklat
-teh
-stroberi
Batu asam urat, yang perlu dibatasi:
-jeroan
-otak
-makanan lain yang mengandung banyak purin
3). Medikamentosa (obat)
Disinilah point penting pembahasan kita kali ini.
Bagi penderita yang ada kesulitan ekonomi sehingga tidak mampu untuk membeli obat-obat yang sudah dikemas, kami paparkan langkah-langkah pengobatan secara tradisional:
a. Akar batang pepaya 5 jari, dicuci, dipotong-potong, seperlunya kemudian ditebus dengan air bersih seperlunya sampai airnya tinggal 3/4 ny, jika sudah dingin, air rebusan disaring lalu diminum dengan madu seperlunya 3x sehari 1/2 gelas.
b. bonggol buah jagung 6 batang, dicuci bersih lalu dimasak dengan air bersih 5 gelas sampai airnya tinggal kira-kira 1/2nya. Sesudah dingin, air rebusan disaring lalu diminum 3x sehari 1/2 gelas.
c. akar pohon aren 5jar, dicuci dan dipotong-potong, kemudian direbus dengan air 5 gelas hingga airnya tinggal separuh, dinginkan, saring lalu minumlah denga madu seperlunya (3x sehari 1/2 gelas).
d. jagung muda 4 buah, dan kumis kucing 1/4 genggam, daun meniran 1/4 genggam, dan keji beling 6 lembar, daun murbei 1/4 genggam, gula aren 3 jari, dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Setelah itu, campurn ini direbus dengan air bersih 4 gelas hingga airnya tinggal kira-kira 3/4nya. Air rebusan ini didinginkan, disaring lalu diminum 3x sehari 1/2 gelas.

Akan tetapi bagi penderita yang mempunyai kelebihan uang dan tidak ingin repot-repot maka bisa langsung beli obt herbal yang sudah dikemas dalam bentuk kapsul. Adapun obat-obat yang kami rekomendasikan adalah:

– Renaltin
Renaltin adalah gabungan dari tempuyung, meniran, dan habbatussauda’ dengan komposisi yang seimbang sehingga mampu menghancurkan batu ginjal yang dijuluki stone breaken.

– Super Energi
Super energi adalah gamat murni 100% yang mengandung cell growth factor (faktor regenerasi sel) sehingga mampu mengganti kerusakan-kerusakan yang diakibatkan oleh adanya batu ginjal, khasiat gamat sudah terkenal di seluruh dunia.

– Shark Liquid (minyak ikan hiu)
Adalah campuran dari minyak zaitun, minyak habbatussauda’ dan minyak ikan hiu. Minyak ikan hiu kaya akan oksigen sehingga mampu mensuplai kekurangan oksigen yang ditimbulkan oleh batu ginjal, sebagaimana penemuan dari Prof. Ryozuke di Jepang, yaitu setiap penyakit awalnya adalah kerna kekurang oksigen, jadi minyak ikan hiu ini dapat mengatasi penyakit langsung dari sumbernya.
– Sarang semut multifit
Tanaman sarang semut kya akan zt-zat mineral yang sangat banyak. Zat-zat inilah yang diduga mengobati gangguan fungsi ginjal yang disebabkan oleh adanya batu ginjal.

Keempat obat diatas bisa anda dapatkan di Addawa Research, Pare, Kediri, Jawa Timur, atau melalui agen-agennya yang tersebar diberbagai pulau dan wilayah di Indonesia.
4). Operasi
-Operasi dilakukan jika terjadi obstruksi (penyumbatan) atau batu ginjal terlalu besar.
5). ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy)

B. Terapi komplikasi

Angka kesembuhan dari penyakit batu ginjal ini tergantung dari:
 Besarnya batu
 Adanya infeksi
 Adanya obstruksi
Kemungkinan terburuk adalah terjadiny gagal ginjal akibat adanya batu ginjal yang lama tidak tertangani dengan baik.

Dengan tulisan ini kami mengajak pembaca semua untuk mulai hidup sehat dengan memperbanyak minmum air putih, menghindari makananyang bisa menyebabkan timbulnya batu ginjal. Dn bagi yang sudah mulai timbul gejala-gejala seperti diatas supaya segera mengantisipasi yaitu dengan memeriksakannya terlebih dahulu, bila jelas adanya batu ginjal maka bisa diterapkan langka-langkah pengobatan herbal tradisional ataupun pengobatan herbal modern sehingga tidak jatuh pada komplikasi yaitu gagal ginjal .

semoga tulisan ini dapt memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca semua dan banyak manfaatnya. Amin.

[dr. Tita Kusmawati]

Open chat